Jenis - Jenis Bahasa Pemograman Komputer

Assalamualaikum Wr Wb.
Jenis - Jenis Bahasa Pemograman KomputerSebagai seorang yang menggeluti dunia IT, tentunya kita harus mengetahui yang namanya Bahasa Pemograman. Bahasa Pemograman sering disebut sebagai bahasa mesin, artinya dengan bahasa pemograman ini komputer akan bekerja. Layaknya seorang manusia, yang semua anggota tubuhnya bekerja sesuai perintah otak dan hati. Otak dan Hati dalam komputer adalah bahasa pemograman yang telah disusun sedemikian rupa oleh User (Pengguna) sehingga membuat komputer akan bekerja sesuai dengan yang diperintahkan dengan bahasa tersebut. 

Sebagai sebuah ilustrasi, kita melakukan aktifitas login pada akun facebook, disitu kita membutuhkan email dan password, setelah kita memasukkan Email dan Password pada form yang disediakan kemudian kita klik Login/Masuk, maka secara otomatis kita akan masuk ke dalam akun facebook yang kita miliki, nah, form dan tombol login tersebut diciptakan dengan bahasa pemograman yang sangat luar biasa, yang diprogram oleh pembuat facebook. jadi, karena telah diprogram sedemikian rupa maka kita bisa login dan mengakses facebook. jadi, untuk menambah wawasan kita tentang apa saja jenis - jenis bahasa pemograman dalam komputer, maka sobat bisa melanjutkan membaca ulasan jamal berikut ini.

  1. PHP dan HTML (Hypertext Preprocessor dan Hypertext Markup Languange )
    PHP, mungkin sering kita denger dikalangan anak muda adalah singkatan daripada Pemberi Harapan Palsu. tapi dalam dunia komputer ini adalah salah satu skrip yang luar biasa, yang pertama sekali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada Tahun 1995.  PHP banyak sekali digunakan untuk melakukan pemograman WEBSITE DINAMIS yang biasanya sering digabungkan dengan bahasa HTML. HTML juga merupakan bahasa pemograman website yang digunakan untuk tampilan, misalnya seperti Tombol Login Facebook, untuk membuat tombol MASUK/LOGIN itu bisa dibuat dengan menggunakan bahasa HTML.

  2. C + + 

    Dikembangkan untuk menambahkan fitur berorientasi objek dengan bahasa C , dengan penambahan kelas dan fitur lainnya . C + + yang sekarang banyak digunakan dengan berbagai besar aplikasi . Belajar C + + juga memiliki keuntungan yaitu lebih mudah untuk mempelajari bahasa C lainnya yaitu C # dan C. Semua bahasa C umumnya dipandang sebagai bahasa pemprograman tingkat menengah .


  3. C # 

    Diucapkan C Sharp , bahasa ini diciptakan oleh Microsoft dalam kerangka NET . . Jika Anda ingin menulis aplikasi jendela , atau terutama jika Anda ingin menulis kode untuk perangkat lunak desktop , ini sangat penting. Ini adalah tujuan OOP umum yang berbagi banyak kesamaan dengan bahasa C tua.



  4. ini adalah versi C yang digunakan oleh sistem operasi Apple serta sejumlah kecil aplikasi lain . Jika Anda ingin mengkhususkan diri dalam menulis kode untuk produk Apple maka ini adalah program yang harus anda kuasai.

  5. Python Sangat populer dalam komunitas ilmiah dan akademik , tetapi juga telah digunakan untuk membuat situs web populer seperti Pinterest . Hal ini relatif mudah untuk belajar dibandingkan dengan sesuatu seperti C atau turunannya , namun masih sangat fleksibel dalam hal apa yang dapat Anda lakukan dengan itu.

  6. Java Digunakan oleh Google sebagai bagian integral dari sistem operasi Android , dan oleh pengembang independen untuk membuat aplikasi android ( serta kegunaan lain ) . Java diciptakan dengan " tulis sekali , jalankan di mana saja " ( WORA ) pendekatan untuk memudahkan kode yang ditulis pada satu mesin untuk berjalan di lain mesin.
  7. Ruby Ini adalah OOP murni populer dari Jepang. Bahasa pemrograman open source dinamis, mudah dimengerti dan produktif. Sintaks Ruby elegan, natural, mudah dibaca dan ditulis.
  8. Visual Basic Berasal dari ' BASIC ' , yang sangat populer di hari-hari awal komputasi personal , Visual Basic ( VB ) memungkinkan program sederhana yang akan dibuat dengan cepat dan mudah, sementara juga memungkinkan untuk coding yang lebih kompleks.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak